Akibat dari SAKAW GADGET

Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat, termasuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Salah satu dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah berkembangnya teknologi telekomunikasi yaitu smartphone (gadget).



Gadget bisa menjadi cara baru anak muda untuk 'bernafas'. Kemanapun pergi, pasti salalu membawa gadget. Bahkan, makan saja harus ditemani dengan perangkat teknologi ini. Telinganya pakai headphone, tangan kanannya pegang sendok, sementara tangan kirinya memegang smartphone untuk scroll timeline. Bahkan kegiatan ini juga disambi dengan nonton TV. Kelihatannya ribet tapi banyak yang melakukannya.

Berdasarkan berbagai sumber referensi yang kami dapat, ada beberapa efek dari kecanduan gadget, Mari simak penjelasannya berikut ini!

Ketagihan menggunakan sosial media.
Media sosial saat ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan. Bukan hanya sekedar tren, media sosial kini menjadi sebuah bagian dari kehidupan. Hampir sebagian besar orang-orang di dunia memiliki setidaknya satu akun media sosial seperti Facebook, Twitter, atau yang lainnya. Bahkan ada banyak orang yang kini sudah ketagihan bahkan seolah sulit untuk hidup tanpa sosial media.

Gadget juga berisiko akan mengganggu perkembangan anak mulai dari anak tidak bisa meregulasi diri. Sebab, segala aktivitasnya selalu ditemani gadget, baik makan dan bermain. Bahkan tidak mau makan,tidur, aktivitas lain karena main gadget. Waktu tidur tidak konsisten, waktu makan tidak teratur, jadwal keseharian terganggu karena besarnya porsi waktu gadget yang dihabiskan. Anak juga tidak terasah empatinya, mulai dari tidak aware dengan kondisi diri sendiri, tidak peduli dengan orang dan lingkungan di sekitarnya, tidak merasa perlu untuk bersosialisasi.

Interaksi sosial dengan dunia nyata pun berkurang. Hal ini karena kepekaan Anda terhadap lingkungan semakin lama juga semakin berkurang. Jika Anda masih bermain gadget sambil berjalan atau mendengarkan lagu dengan kencang menggunakan earphone, sebaiknya stop kebiasaan ini deh. Selain itu, jika terdapat anggota keluarga atau teman yang sakit, orang-orang lebih senang memberikan perhatian lewat media sosial. Secara khusus, hal ini membuat sesorang semakin apatis dan pasif. Padahal, memberi perhatian kepada orang sakit sebaiknya dilakukan dengan cara menjenguknya.

Sinar radiasi dari monitor seperti laptop, smartphone dan lainnya dapat memicu mata lelah, apalagi jika kita terlalu lama menggunakannya. Mata lelah dapat mengakibatkan mata berair, pusing bahkan insomnia. Sinar radiasi ini juga bisa membuat organ mata mengalami astenopia di mana pupil akan bereaksi lambat terhadap cahaya, serta menyebabkan lensa mata menjadi keruh bahkan berisiko terkena katarak.

Itulah beberapa akibat dari sakaw gadget. Setiap teknologi yang ada pasti memiliki sisi positif dan negatifnya. Maka dari itu sekarang tergantung pada kita sebagai penggunanya. Hentikanlah penggunaan gadget berlebihan saudara-saudari.!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat dari SAKAW GADGET"

Posting Komentar